CMS (Content Management System)
Hai, assalamualaikum temen-temen, gimana nih kabar nya, saya doakan semoga kalian semua selalu di sehatkan...amin.
Nah, kali ini saya akan memberikan informasi mengenai CMS, apasih CMS itu?, daripada anda penasaran yuk simak penjelasan berikut:
Penggunaan internet sekarang ini berkembang sangat pesat. Penggunaan internet yang bertumbuh pesat juga terjadi di negara kita, Indonesia. Internet sekarang ini menjadi salah satu kebutuhan bagi masyarakat Indonesia. Melalui dunia internet, masyarakat Indonesia dapat melakukan berbagai kegiatan, antara lain untuk kegiatan online marketing, social network, chatting, membaca berita, menemukan info mengenai suatu hal, dan masih banyak lagi. Salah satu hal yang sedang tumbuh dalam dunia internet adalah online marketing.
Online marketing merupakan usaha yang dilakukan untuk melakukan pemasaran suatu produk atau jasa menggunakan media internet. Meningkatnya pengguna internet setiap harinya, ternyata tidak diabaikan begitu saja oleh para pelaku bisnis UKM (Usaha Kecil Menengah). Kemajuan tersebut dirasa sangat bermanfaat untuk dijadikan sebagai salah satu strategi pemasaran bisnis. Lingkungan bisnis dan strategi pemasaran secara tidak langsung harus memanfatkan media online.
Perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang pemasaran produk dan layanan memiliki dua pilihan dalam mengiklankan produk atau jasa mereka dengan online marketing. Yang pertama adalah membuat sendiri aplikasi web untuk mendukung kegiatan online marketing sendiri. Pilihan kedua adalah dengan menggunakan open source software yang sudah tersedia. Open source software untuk e-marketing umumnya menggunakan Content Management System (CMS) supaya pengguna awam lebih mudah memasukkan konten yang mereka inginkan melalui halaman administrator.
Melalui CMS ini, pengguna dapat memodifikasi kode programnya. Ada banyak CMS untuk dunia online marketing sekarang ini. Setiap CMS memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. CMS untuk kegiatan e- marketing saat ini tidak ada yang dikhususkan untuk Usaha Kecil Menengah (UKM) di Indonesia. Oleh sebab itu, diperlukan sebuah CMS yang dapat mendukung kegiatan e- marketing yang dimiliki oleh UKM dan sesuai dengan karakteristik UKM yang ada di Indonesia saat ini.
Pengertian CMS
Content Management System (CMS) adalah suatu sistem yang digunakan untuk mengelola dan memfasilitasi proses pembuatan, pembaharuan, dan publikasi content secara bersama . Content mengacu pada informasi dalam bentuk teks, grafik, gambar maupun dalam format-format lain yang perlu dikelola dengan tujuan memudahkan proses pembuatan, pembaharuan, distribusi, pencarian, analisis, dan meningkatkan fleksibilitas untuk ditransformasikan ke dalam bentuk lain. Terminologi CMS sendiri cukup luas, di antaranya mencakup software aplikasi, database, arsip, workflow, dan alat bantu lainnya yang dapat dikelola sebagai bagian dari mekanisme jaringan informasi suatu perusahaan maupun global.
Arsitektur CMS pada umumnya menggunakan 3 layer, yaitu presentation layer, business layer, dan database layer. Database layer menyediakan fungsi untuk menyimpan semua data dan informasi yang diperlukan. Sedangkan business layer merupakan layer yang menyediakan fungsi- fungsi dari CMS tersebut dan presentation layer menyediakan fungsi untuk user interface bagi pengguna.
CMS saat ini sudah berkembang sangat pesat sehingga saat ini bermunculan macam-macam CMS yang ada diseluruh dunia. CMS menjadi salah satu andalan untuk mengembangkan sebuah blog. Akan tetapi masih banyak pengguna internet yang belum tau mengenai apa itu CMS.
CMS memberikan kemudahan untuk membuat halaman website yang menarik tanpa harus mengerti bagaimana membuat website dari awal. Perkembangan CMS tidak hanya untuk blogger saja melainkan sudah merambah ke bisnis, sehingga saat ini sudah banyak CMS yang ditujukan khusus untuk e-commerce.
CMS dalam penggunaan memiliki banyak keuntungan, Hal pertama yang sangat menguntungkan adalah Anda dapat menggunakan sebuah kerangka website yang siap dipakai. Artinya, pemilik website hanya perlu mengisikan konten dan mengedit tampilan. Bila dibandingkan pembuatan secara manual, cara ini tentunya sangat memudahkan dan lebih cepat. Sehingga website dapat digunakan sesegera mungkin setelah konten diisikan. Jika begini, dapat disimpulkan bahwa CMS telah menyiapkan kerangka website dan pemilik hanya perlu mengisinya.
Kedua, memiliki banyak fitur dan support. Untuk Anda yang senang dengan fitur dan support menarik pada website, maka menggunakan CMS sebagai kerangka website adalah pilihan tepat. Karena CMS adalah sistem yang telah memberikan banyak pilihan fitur dan support siap digunakan. Namun, pilihlah fitur dan support yang sesuai dengan kebutuhan. Sehingga tidak memperlambat pergerakan dari website. Perhatikan pula RAM yang dimilikki, apakah dapat menampung semua fitur ataupun sebaliknya.
Ketiga,memiliki sistem open source. Artinya, Anda dapat mengakses layanan yang ada dalam CMS dengan leluasa. Tidak perlu khawatir untuk membayar layanan tersebut, karena kebanyakan dari layanan ini diberikan secara gratis. Keuntungan ini, tentunya sangat menarik untuk dimilikki. Namun sebelum memilih menggunakan CMS, sebaiknya mengetahui beberapa jenis dari CMS. Sehingga pemilihan dapat dilakukans sesuai dengan kebutuhan.
saya meminta maaf yang sebesar-besarnya jika ada kekurangan atau kesalahan dalam penyampaian materi kali ini wassalamu'alaikum Wr.Wb
83
ReplyDelete